Pupuk Subsidi Langka, Ignasius Iking Produksi Pupuk Organik Cair, dari Kulit Pisang

- Senin, 28 November 2022 | 08:35 WIB
Ignasius Iking saat melakulan produksi kulit pisang menjadi pupuk organik cair di rumahnya Senin (28/11) pagi (sikka.victorynews.id/Yunus Atabara)
Ignasius Iking saat melakulan produksi kulit pisang menjadi pupuk organik cair di rumahnya Senin (28/11) pagi (sikka.victorynews.id/Yunus Atabara)

SIKKA, VICTORYNEWS - Dari tahun ke tahun petani di Kabupaten Sikka dihadapkan pada persoalan pupuk subsidi yang kian langka.

Kelangkaan pupuk subsidi mendorong Ignatius Iking, selaku penyuluh swadaya pada Dinas Pertanian Kabupaten Sikka membuat pupuk organik cair dari limbah kulit pisang.

Ignatius Iking yang ditemui sikka.victorynews.id Senin (28/11) mengaku prihatin atas kelangkaan pupuk subsidi di petani saat ini. Kondisi ini mendorong dirinya berinovasi memanfaatkan limbah kulit pisang untuk diproduksi menjadi pupuk organik cair.

Baca Juga: Seorang Pengusaha di Sikka, Gelar Turnamen Sepak Bola Dewi Sartika Cup U.23

Pupuk Organik Cair hasil dari olahan limbah kulit pisang itu, lalu dipraktekkan pada tanaman jagung varietas komposit di atas lahan seluas 0,4 hektar, dan hasilnya luar biasa.

"Dari tahun ke tahun masalah klasik di petani adalah sulit mendapatkan pupuk subsidi. Makanya saya produksi pupuk organik cair dari kulit pisang dan daun kelor pengganti pupuk subsidi," kata Iking.

Iking menjelaskan pembuatan pupuk organik cair dari kulit pisang dan daun kelor dilakukan dengan cara dekomposisi kulit pisang di ditumbuk halus hingga berair lalu difermentasi.

pupuk organik cair dari kulit pisang yang diproduksi oleh Ignasius Iking (sikka.victorynews.id/Yunus Atabara)

Dalam proses fermentasi lanjut Iking, limbah kulit pisang ditambah dengan EM-4 sebagai mikroorganisme dengan molases sebagai sumber energi dalam mempercepat proses.

"Cara ini saya praktekkan setelah saya mengikuti pelatihan di berbagai daerah di Indonesia sebelumnya," kata Iking.

Halaman:

Editor: Yunus Atabara

Tags

Terkini

Komunitas Motor di Maumere Curhat ke Kapolres Sikka

Jumat, 6 Januari 2023 | 18:43 WIB
X