Bupati Sikka Tidak Paham Tatakelola Pemerintahan yang Baik.

- Jumat, 15 Juli 2022 | 11:03 WIB
Marianus Gaharpung Dosen Fakultas Hukum Ubaya  (Sikka.victorynews.id/Istimewa)
Marianus Gaharpung Dosen Fakultas Hukum Ubaya (Sikka.victorynews.id/Istimewa)

Oleh Marianus Gaharpung, dosen FH Ubaya & Lawyer di Surabaya.

Jabatan menimbukan kewenangan. Alat ukur Pejabat dalam menggunakan kewenangan adalah peraturan perundang undangan dan asas asas umum pemerintahan yang baik sebagaimana diatur dalam Undang Undang No. 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan.

Jika pejabat menggunakan kewenangan untuk menguntungkan dirinya, kroni dan korporasi sehingga negara mengalami kerugian, maka dikategori penyalagunaan wewenang sehingga menimbulkan tanggungjawab pribadi (pidana korupsi).

Disamping itu, jika pejabat bertindak tanpa dasar peraturan yang memberikan kewenangan untuk bertindak, maka disebut tindakan sewenang wenang atau dengan kata lain tindakan tanpa wewenang.

Bupati Sikka, Roby Idong dengan penuh keyakinan mengatakan pembangunan menara lonceng Santu Yohanes Paulus II di area lapangan Samador di jantung Kota Maumere tetap terealisasi.

Robby Idong dengan tanpa beban mengatakan dirinya dan keluarga siap menyumbang 100 juta dibayar dengan mencicil, data terakhir terbaca ada sekitar 5000 ribu lebih penyumbang (wargaSikka.red) yang akan menyumbangkan sedikit dari rejeki hidupnya untuk pembangunan menara lonceng tersebut.

Selain masyarakat, ASN juga mempunyai kewajiban untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan menara tersebut dengan mengumpulkan dana sebesar Rp100.000 per orang. Dan itu sebagian besar ASN menyetujui.

Ditegaskan pula, pembangunan menara lonceng ini pun bukan proyek pemerintah, tetapi merupakan partisipasi penuh dari seluruh masyarakat Sikka, termasuk para ASN yang bekerja di lingkup Kabupaten Sikka.

Atas dasar statement Bupati Sikka, Roby Idong menarik untuk dikaji dengan pertanyaan sebagai berikut :

1. Atas dasar peraturan atau nomenklatur apa sehingga Bupati Sikka, tanpa beban dan meyakinkan akan menerima dana sumbangan dari masyarakat Sikka serta sekaligus mewajibkan setiap ASN di Pemkab Sikka memberi sumbangan 100 ribu?

Halaman:

Editor: Yunus Atabara

Tags

Terkini

Komunitas Motor di Maumere Curhat ke Kapolres Sikka

Jumat, 6 Januari 2023 | 18:43 WIB
X