SK Pengangkatan Sekda Sikka sebagai Ketua Panitia Pembangunan Cacat Prosedur dan Substansi

- Kamis, 14 Juli 2022 | 20:52 WIB
Marianus Gaharpung (Sikka.victorynews.id/Istimewa)
Marianus Gaharpung (Sikka.victorynews.id/Istimewa)

Oleh Marianus Gaharpung dosen FH Ubaya & lawyer di Surabaya.

Super sekali, Forkot (Maumere) telah menyegel Kantor Bupati Sikka Senin 11 Juli 2022, karena dua kali gagal berdialog dengan Bupati Sikka, membahas terkait mandeknya pembangunan menara lonceng.

Dan, juga terimakasih media online selama ini telah menulis tentang mandeknya pembangunan menara lonceng Santu Yohanes Paulus II di lapangan umum Samador di tengah jantung kota Maumere.

Forkot sangat beralasan berunjuk rasa ke Kantor Bupati Sikka menanyakan keabsahan Surat Keputusan (SK) pengangkatan Sekda Sikka sebagai ketua Panitia pembangunan menara lonceng karena di mata Forkot, SK pengangkatan Sekda sebagai ketua panitia pembangunan melanggar aspek prosedur.

Oleh karena itu, Asisten Administrasi Umum Setda Sikka (asisten IIl) Robert Ray tidak perlu panik seakan kebakaran jenggot dengan melarang wartawan menulis peristiwa penyegelan Kantor Bupati.

Mohon maaf perilaku pejabat (ASN) terkadang tidak tahu diri bahwa mereka mendapat legitimasi hukum bertindak untuk melayani masyarakat sehingga ketika Forkot datang bertanya wajib diberikan penjelasan yang rasional terukur logik serta tidak membingungkan

Ketika Forkot merasa tidak puas dengan penjelasan wajar timbul kecewa, marah lalu menyegel Kantor Bupati Sikka. Forkot tidak arogan, tidak salah hanya kecewa sudah datang dua kali tidak mendapatkan penjelasan yang memuaskan.

Forkot sejatinya tidak sampai segel Kantor Bupati Sikka jika oknum-oknum pejabat tata usaha negara di Pemkab Sikka bertindak berdasarkan peraturan dan asas umum pemerintahan yang baik mengenai SK pengangkatan Sekda sebagai Ketua Panitia Pembangunan menara lonceng Yohanes Paulus II.

Dan, Robert Ray tidak perlu seperti pahlawan di siang bolong dengan mengatakan "Wartawan jangan tulis! apa - apaan sampai segel kantor Bupati. Jangan ada tulisan yang mengatakan segel kantor Bupati. Catat itu!" tegas Robert Ray. Ingat, independensi wartawan tidak bisa dibeli oleh pejabat siapapun di Kabupaten Sikka.

Pertanyaan sebaliknya mengapa Sekda dan asisten III tidak sanggup memberikan penjelasan yang memuaskan tentang SK Pengangkatan Sekda sebagai ketua panitia?

Halaman:

Editor: Yunus Atabara

Tags

Terkini

Komunitas Motor di Maumere Curhat ke Kapolres Sikka

Jumat, 6 Januari 2023 | 18:43 WIB
X