Memprihatinkan, Marak Vandalisme di Stadion Gelora Samador Maumere.

- Rabu, 25 Mei 2022 | 17:00 WIB
Pintu gerbang stadion Gelora Samador Maumere menjadi sasaran vandalisme Rabu 25 Mei 2022 (Sikka.victorynwws.id/Yunus Atabara)
Pintu gerbang stadion Gelora Samador Maumere menjadi sasaran vandalisme Rabu 25 Mei 2022 (Sikka.victorynwws.id/Yunus Atabara)

VICTORY NEWS, SIKKA - Aksi coret-coret atau vandalisme kian marak di Kota Maumere Kabupaten Sikka. Stadion Gelora Samador, tidak luput dari aksi Vandalisme. Termasuk beberapa fasilitas umum lainnya seperti halte dan jembatan.

Pantauan sikka.victorynews.id Rabu 25 Mei 2022 tampak sejumlah coretan mengotori di pintu gerbang dan juga di tembok stadion Gelora Samador di Kota Maumere.

Baca Juga: 66.942 Anak Sikka Jadi Sasaran Imunisasi Campak dan Rubela selama Bulan Imunisasi Anak Nasional

"Maraknya vandalisme terhadap pintu gerbang dan tembok stadion Gelora Samador adalah sebuah tindakan pengrusakan terhadap fasilitas umum yang dibangun pemerintah," kata Marsel Ishak salah seorang Warga Sikka.

Marsel Ishak menjelaskan vandalisme merupakan salah satu tindakan kriminalitas yang merusak keindahan kota Maumere. Selain itu gejala sosial kenakalan remaja atau oknum yang merusak keindahan.

Baca Juga: Harga Cabe Kriting Stabil, Erick Raup Keuntungan Ratusan Juta Rupiah

Prilaku vandalisme di Kota Maumere merupakan akibat dari tidak adanya aturan atau produk hukum yang jelas dalam memberikan sanksi dalam menindak pelaku.

“ini akibat dari belum ada produk hukum dalam memberikan sanksi kepada pelaku. Ini penyakit sosial masyarakat yang membutuhkan perhatian serius pemerintah,” kata Marsel Ishak.

Baca Juga: BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Bali, NTT dan NTB Gelar Sosialisasi Program REHAB

Menurut Marsel Ishak, aturan adalah produk hukum yang merupakan pilar utama untuk mengendalikan prilaku negative di masyarakat. Oleh karena itu perlu ada aturan yang mengatur sanksi bagi pelaku Vandalisme.

Oleh karena itu, bagi lembaga pendidikan dan tokoh agama dan tokoh masyarakat di lingkungan masing masing perlu memberikan pemahaman akan pentingnya keindahan dan menjaga fasilitas umum.

Baca Juga: Lanal Maumere Gandeng Dinas PUPR Kabupaten Sikka Selenggarakan Vaksin

Marsel Ishak meminta kepada pemerintah agar menyiapkan tempat khusus untuk menyalurkan bakat seni bagi para anak-anak muda di Sikka yang berbakat.

Selain itu pemerintah diminta harus mengatur sanksi tegas kepada pelaku vandalisme, yang merusak keindahan dan merugikan orang lain.***

Editor: Yunus Atabara

Tags

Terkini

X