Homestay Mendukung Percepatan Pemulihan Sektor Pariwisata di Sikka

- Kamis, 10 November 2022 | 14:31 WIB
Kafis Paeiwisata foto bersmaa peserta pelatihan Homestay Kamis 10 November 2022 (sikka.victorynews.id/Yunus Atabara)
Kafis Paeiwisata foto bersmaa peserta pelatihan Homestay Kamis 10 November 2022 (sikka.victorynews.id/Yunus Atabara)

SIKKA, VICTORYNEWS- Homestay merupakan rumah warga yang dapat disewa oleh wisatawan dengan tujuan ingin mengenal bahasa, budaya, keseharian dan kearifan lokal, masyarakat setempat.

Oleh karena itu, homestay adalah salah satu faktor pendukung dalam percepatan pemulihan sektor pariwisata yang berkelanjutan di suatu daerah termasuj di Kabupaten Sikka.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sikka Petrus Poling Wairmahing, saat membuka kegiatan pelatihan Homestay bagi pelaku desa wisata di Hotel Pelita, Kamis (10/11) siang

Baca Juga: Kader NasDem Diminta Perkuat Struktur dan Wujudkan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat

"Homestay adalah rumah warga yang disewakan kepada wisatawan. Homestay salah satu pendukung pemulihan sektor pariwisata," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sikka.

Dalam kesempatan itu, Petrus Poling menegaskan dalam usaha Homestay bagi pelaku wisata harus memperhatikan, kebersihan, keamanan dan kenyamanan dari sebuah homestay.

Selain itu, faktor pendukung lainnya seperti, sarapan yang higienis, ketersediaan wifi untuk akses komunikasi dan berbasis lingkungan, untuk meningkatkan lama tinggal wisatawan.

Baca Juga: Gubernur NTT Viktor Laiskodat, Sebut KSP Kopdit Obor Mas, Aset Bangsa yang Luar Biasa

Kepala Bidang Kelembagaan dan SDM Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sikka, Fransiska Konfrida, dalam laporannya mengatakan kegiatan pelatihan Homestay diikuti oleh 5 Desa Wisata dan 40 peserta.

Pelatihan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 10-12 November 2022. Guna melatih pelaku wisata agar memahami tujuan penting pembangunan homestay untuk kelancaran pariwisata.

Halaman:

Editor: Yunus Atabara

Tags

Terkini

Wisata Lian Goa di Lereng Bercadas Tanjung Watukrus

Minggu, 20 Februari 2022 | 17:31 WIB

Pesona Keindahan Gugus Teluk Maumere di Wairterang

Kamis, 10 Februari 2022 | 14:25 WIB

Terpopuler

X