Kadis Pariwisata Kabupaten Sikka Meminta, Bangun Desa Wisata dengan Pedoman CHSE

- Senin, 20 Juni 2022 | 15:24 WIB
Kepala Dinas Pariwisata Jabupaten Sikka Petrus Poling Wairmahing saat membuka acara pelatihan pengelolaan desa Wisata, Senin 20 Juni 2022 (Sikka.victorynews.id/Yunus Atabara)
Kepala Dinas Pariwisata Jabupaten Sikka Petrus Poling Wairmahing saat membuka acara pelatihan pengelolaan desa Wisata, Senin 20 Juni 2022 (Sikka.victorynews.id/Yunus Atabara)

VICTORY NEWS, SIKKA - Kebersihan, kesehatan, kenyamanan dan keamanan menjadi aspek penting dalam industri pariwisata yang dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Oleh karena itu, CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability) harus menjadi pedoman utama semua pihak dalam membangun Desa Wisata.

Demikian penegasan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sikka Petrus Poling Wairmahing, saat membuka Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata Tahun 2022, di Maumere, Senin (20/6) siang.

Baca Juga: Master Chief Michael Irawan Melatih Resep Lokal Kuliner kepada Peserta Destinasi Wisata

"Pedoman CHSE ini adalah instruksi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan harus menjadi pedoman kita dalam membangun Desa Wisata," kata Kadis Pariwisata.

Poling menjelaskan bahwa membangun Desa Wisata berbasis CHSE adalah Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan), dan Environment Sustainability (kelestarian lingkungan).

Menurut Poling bahwa lingkungan masyarakat meliputi RT/RW, Dusun dan Desa, yang adalah bagian dari kawasan wisata atau berdekatan dengan objek wisata.

Baca Juga: Kuliner Salah Satu Simpul Utama Pendukung Destinasi Wisata

Tujuan dari CHSE adalah untuk memberikan jaminan kepada wisatawan tentang kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan.

Melalui pelatihan pengelolaan desa wisata Tahun 2022, adalah momentum untuk saling berbagai pola penfelolaan desa wisata antara sesama, narasumber dan pemerintah.

Halaman:

Editor: Yunus Atabara

Tags

Terkini

Wisata Lian Goa di Lereng Bercadas Tanjung Watukrus

Minggu, 20 Februari 2022 | 17:31 WIB

Pesona Keindahan Gugus Teluk Maumere di Wairterang

Kamis, 10 Februari 2022 | 14:25 WIB

Situs Kewa Wolot, Sikka Penuh Mistik dan Magis

Sabtu, 29 Januari 2022 | 15:58 WIB

Taman Doa Harus Mampu Menarik Minat Wisatawan

Sabtu, 29 Januari 2022 | 15:16 WIB
X