Lomba Pacuan Kuda di Kabupaten Sikka Jadi Event Tahunan, Pemerintah Siapkan Lahan 4 Hektar

- Jumat, 28 Oktober 2022 | 20:54 WIB
Lomba pacuan kuda di stadion Gelora Samador Jumat 28 Oktober 2022 (Sikka.victorynews.id/Yunus Atabara)
Lomba pacuan kuda di stadion Gelora Samador Jumat 28 Oktober 2022 (Sikka.victorynews.id/Yunus Atabara)

SIKKA VICTORYNEWS - Pacuan kuda di Kabupaten Sikka adalah warisan leluhur sejak puluhan tahun silam yang sudah vakum selama 26 tahun, sejak tahun 1996 silam.

Oleh karena itu, event pacuan kuda oleh pemerintah Kabupaten Sikka dijadikan sebagai event tahunan. Pemerintah siapkan lahan seluas 4 hektar untuk membangun sarana pendukung.

Hal itu dikatakan Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo saat membuka lomba pacuan kuda di Stadion Gelora Samador Jumat 28 Oktober 2022 petang.

Baca Juga: Tingkatkan Kompetensi Pelaku Wisata, Dinas Pariwisata Sikka Gelar Pelatihan Digitalisasi

"Pacuan kuda ini sudah sejak lama dan diwariskan oleh leluhur kita. Pacuan Kuda kita akan jadikan event tahunan dan pemerintah sudah siapkan lahan seluas 4 hektar sebagai sarana," kata Bupati Sikka.

Diatas lahan seluas 4 hektar yang terletak di Wairita Kecamatan Waigete itu, akan dibangun lapangan pacuan kuda dan membangun sarana prasarana penunjang lainnya.

Pacuan kuda di Kabupaten Sikka terakhir diselenggarakan di tahun 1996 di masa Bupati Paulus Moa. Selanjutnya vakum selama 26 tahun dan baru dibuka kembali di tahun 2022.

Baca Juga: Gubernur NTT Bantu Ribuan Benih Ikan di Rest Area Bendung Nebe Kabupaten Sikka

Kegiatan pacuan kuda lanjut Bupati Sikka diselenggarakan tepat pada Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2022. Hal itu agar membangkitkan semangat orang muda pada lomba pacuan kuda.

Selain itu pemerintah sudah membentuk kepengurusan Pordasi Kabupaten Sikka dan sudah masuk dalam KONI Kabupaten Sikka agar bisa dianggarkan oleh pemerintah

Halaman:

Editor: Yunus Atabara

Tags

Terkini

Terpopuler

X