Kehadiran Labkesda di Sikka, Menjadi Stabilisator Pelayanan Kepada Masyarakat

- Selasa, 13 September 2022 | 18:55 WIB
Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo saat menandatangani prasasti peres.ian Labkesda  (Sikka.victorynews.id/Yunus Atabara)
Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo saat menandatangani prasasti peres.ian Labkesda (Sikka.victorynews.id/Yunus Atabara)

SIKKA, VICTORYNEWS - Peningkatan fasilitas dan peralatan pendukung pada Laboratorium Daerah (Labkesda) Kabupaten Sikka, tidak bermaksud menyaingi Labor Swasta.

Tetapi semata untuk stabilisator dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyakarat. Kehadiran Labor swasta untuk memberikan pilihan kepada masyarakat untuk mendapatkan pelayanan.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka, Petrus Herlemus, dalam laporan saat peresmian Labkesda Kabupaten Sikka Senin 12 September 2022 siang.

Baca Juga: Mendorong Mandiri Pangan, Julie Sutrisno Lakukan Bimtek Budidaya Horti kepada 30 Poktan di Sikka

"Labkesda ini tidak untuk bersaing dengan swasta. Tetapi semata untuk stabilisator pelayanan kepada masyarakat yang lebih, demi terpenuhinya hak dasar masyarakat," kata Herlemus.

Pembangunan Labkesda murni dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang diusulkan berdasarkan kebutuhan pelayanan kepada masyarakat kepada Kementerian Kesehatan RI di Jakarta.

Labkesda Kabupaten Sikka meliputi pemeriksaan mikrobiologi klinik, patologi klinik, kimia klinik dan pemeriksaan antigen Covid-19.

Laboratorium kesehatan masyarakat meliputi, meliputi pemeriksaan kimia lingkungan, mikrobiologi lingkungan, makanan dan minuman.

Baca Juga: Gubernur NTT Minta Para Kepala Desa Utamakan Pemberdayaan

Selain itu memiliki unit pengembangan obat tradisional dalam mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Sikka.

Halaman:

Editor: Yunus Atabara

Tags

Terkini

Jangan Jadi Kebhinekaan Sumber Pertentangan

Sabtu, 29 Januari 2022 | 13:42 WIB

Warga Kabupaten Ngada Harus Patuhi 3M

Sabtu, 29 Januari 2022 | 12:44 WIB

Enam Tahun Sembilan Bulan Bangun Gereja Lahairoi

Sabtu, 29 Januari 2022 | 12:35 WIB
X